Jumat, 09 Oktober 2015

Kekinian

Hai!! Apa kabar semua? semoga baik, selalu baik, dan semakin baik. Maaf yah udah lama gw ga touch up gini....
sekarang kebanyakan nulis-nulis puisi aja sama curhat di twitter.. hehehe. Sekarang juga gw mau curhat-curhat aja nih. Berhubung udah kelas 3 SMA (weww!!~).
Temen-temen masih inget gak, waktu SD ngeliat anak SMA kayak gimana? kesannya tuh yang wah banget, ampe mikir "ntar gw nyampe SMA ga yah?" dan voila! here I am.

Pertamanya agak kaget dengan "budaya" yang beda. Secara gw dari TK sampe SMP itu sekolah di swasta Katolik, dan untungnya SMA ini gw memilih untuk sekolah di sekolah umum biar nanti kuliahnya gak shock. Dan rupanya pilihan gw kali ini benar. Dari MOS aja udah kaget, karena gak biasa ngeliat orang yang berjilbab di dalem lingkungan sekolah. Terus bergaul dengan temen-temen yang multikultural. Kayaknya selama ini gw hidup dalem 'goa' gitu sebelum masuk SMA. Dan dengan segala prahara yang ada gw mulai menikmati. Hahahaha....
Dengan lingkungan yang beragam dan dengan prahara yang mendera (oke, ini lebay), membuat gw semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Yap, gw jadi rajin gereja, gw rajin berdoa. Suddenly gw jadi religius (banget)!

Memasuki kelas dua, gw sudah mulai terbiasa dan semakin bersemangat. Karena gw menemui kompetitor-kompetitor, dan gw mulai 'membangun jembatan' menuju mimpi gw. Meskipun jatuh banyak air mata di tahun kedua ini. Sebagian besar karena perpisahan. Iya, perpisahan. Temen-temen liat kan beberapa puisi gw, yang melukiskan tentang 'perpisahan' itu kayak "Luruh si Bunga". Jadi ceritanya, selama sekian tahun gw sekolah dari TK-SMP jarang banget gw berpisah dengan guru. Jadi ketika gw belajar sama dia, yaudah ampe gw lulus belajarnya sama dia. Begitu seterusnya. Tapi di SMA ini gw belajar, ada yang namanya perpisahan. Senyaman apapun lo sama dia, ketika dia memutuskan untuk melangkah pergi, yaah you have to deal with that. And here I am, trying to deal with it. Mengalami kegalauan yang cukup ironis (lebay lagi), ketika guru-guru gw ada yang pindah. Dengan kondisi kelas yang sedikit, jadi rata-rata guru di sekolah gw itu bukan guru tetap. Tapi sepertinya gw jadi dilatih dengan sakitnya perpisahan. Apalagi guru-gurunya terbilang cukup dekat dengan gw....
Ada juga sahabat gw yang pindah, dan gw gak berdaya untuk mencegah. Di tahun ini, air mata yang gak pernah keliatan selama ini akhirnya luruh tanpa bisa dibendung. Gw gak bisa mencegah itu keluar di depan umum. Jadi yasudahlah. Life is keep moving on. Gw merasa melemah aja di tahun ini. Jauh lebih sensitif, mungkin ke-cewek-an gw mulai mengapung (?)

Di tahun ketiga ini, nampaknya gw lebih melankolis lagi. Menyadari masa putih abu-abu gw udah hampir selesai, menyadari setelah ini gw gak harus pake seragam lagi, setelah ini gw akan menghadapi 'hidup' yang sebenarnya, setelah ini gw akan bermain di panggung kehidupan nyata. Gw mulai 'melambatkan irama' hidup gw. Gw lebih banyak menarik napas dan 'hidup' di kekinian. Apa maksudnya hidup di kekinian?

  Mungkin selama ini temen-temen jarang ada yang menyadari. Kalo terkadang kita hidup, tapi ga hidup di kekinian. Sebenernya kekinian ini adalah kosakata yang gw pilih sendiri sih. Gw mau ngejelasin pake contoh yah...
Misalkan ketika temen-temen lagi sibuk ngerjain tugas. Begitu sibuknya karena mau cepet selesai, dan ketika sadar ternyata udah larut malam. Gw menganggap, hal seperti ini disebut tidak menikmati kekinian. Atau ketika temen-temen lagi makan, tapi di otak punya seribu satu pikiran, "Abis makan gw mau nyuci, terus gw ngerjain tugas, eh iya tugasnya kerjain dimana" dll. Akhirnya temen-temen asal nyedok, asal makan, asal kenyang, tanpa menikmati hidangan itu sendiri. 
Coba temen-temen pelanin 'irama'nya. Pelanin irama versi gw adalah, ketika gw di kelas dan ada jam kosong misalnya. Kelas pasti ribut kan, ada yang denger lagu, ada yang selfie-selfie, ada yang tidur, ada yang ngobrol, ada yang iseng-isengin temen. Gw tarik napas, gw perhatiin satu-satu. Gw liatin dengan seksama -biasanya yang nyadar gw liatin, langsung bingung gitu-. Gw resapi satu per satu yang mereka lakukan. Gw simpan di memori gw. Atau ketika gw ngerjain tugas sampe larut malem, atau belajar buat ulangan. Bukannya belajar gw malah jadi menghayati (Hahaha!). Dalam pikiran gw, "Ntar gw ga bakal ngerjain tugas ginian lagi, ga bakal ulangan kayak gini lagi."

Efeknya ketika gw hidup di kekinian adalah, gw jadi lebih bersyukur. Bersyukur kalo gw udah nyampe tahap ini, bersyukur gw survive di tahap ini. Gw (semoga) lebih siap melangkah ke tahap berikutnya. Gw lebih menikmati semuanya, rasa toleransi gw juga semakin terasah dengan prinsip "inilah anak SMA". Gw gak mau lulus dengan menyesali diri ga menikmati masa SMA. Masa yang gak mungkin terulang. Jadi gw menikmati setiap momen-momennya.
Agak ribet yah penjelasan gw? 

Well, pandangan tentang kekinian ini gw pahami dari sebuah buku. Judulnya "Cacing dan Kotoran Kesayangannya". Jadi sebelumnya emang gw seneng merenungkan setiap kejadian-kejadian yang terjadi. Tapi setelah gw baca buku itu, gw lebih ngerti aja tentang apa yang gw lakukan ini.   
Dengan tulisan yang ngalor-ngidul kemana tau ini, gw berharap temen-temen punya pemahaman terhadap pandangan temen-temen sendiri, tentang apa itu hidup. Jangan sampai kita jadi manusia yang hidup tapi gak 'hidup'. Kalo kata quote bahasa inggris sih, "Live your life". Take a breathe, and see. How beautiful our life is. Tanpa bermaksud menciptakan teori atau mendikte kawan-kawan semua yah. Disini gw hanya penulis yang sedang berbagi. Have a nice day! :) 
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar