Kamis, 17 Desember 2015

Truth or Dare?!

          "Nah,gue menang. Kalah lagi kan lo!" seru Heri dengan semangatnya.
          "Sial. Gue kayaknya gak jago banget main BINGO." jawab Gilang dengan lesu
          "Udah cepetan, truth or dare?" potong Lintang tidak sabaran.
          Permainan truth or dare atau biasa disebut 'juber' as known as jujur berani, memang permainan yang lagi naik daun di sekolah saat ini. Truth or dare sendiri lebih menuju pada hukuman, jadi apapun permainannya. Truth or dare hukumannya.
Dan yang paling menyenangkan dari truth or dare adalah siapapun bisa mengetahui rahasia apapun dan bisa menjahili siapapun.
Apalagi bagi orang-orang sejenis Heri dan Lintang yang paling iseng. Disuguhi Gilang yang sangat, pasrah.
Tapi sepasrah apapun Gilang, dia tidak pernah memilih 'truth' bila kalah dalam permainannya bersama Heri dan Lintang. Jadi merekapun semakin bergairah untuk menjahili Gilang.
Pernah suatu kali Gilang disuruh hormat tiang gawang sambil bernyanyi lagu bang toyib. Dan seperti tidak ada kapoknya Gilang tetap bermain dengan mereka.

          Sampai akhirnya hari ini, Gilang kedapatan 'dare' membuat anak cewek kelas sebelah yang terkenal killer sekaligus cantik agar jatuh cinta dan menjadi pacarnya. Susahnya anak cewek ini gak bisa diajak kerja sama, dan repotnya lagi Heri dan Lintang mengultimatumkan bahwa Gilang harus berhasil memperkenalkan cewek itu ke hadapan mereka. Bila tidak berhasil, permainan tidak akan dilanjutkan. Semacam jumanji saja kan.
          "Gila ya lo pada! Gimana caranya coba, disapa aja matanya udah kayak mau nelen orang." Gilang akhirnya mengeluhkan 'dare'nya.
          "Yaa terserah lo juga sih. Tapi janji abis yang ini, lo boleh ToD-in gue tanpa permainan apapun. Kasian juga gue lama-lama." Kata Heri akhirnya.
          "Iya, gue juga. Tapi harus berhasil dulu 'dare' yang itu." timpal Lintang.
          Dan usaha Gilang pun dimulai. Bukan, bukan karena dia mau melanjutkan permainan. Tapi karena dia ingin melempar ToD ke kedua kawannya itu.
Dalam hari pertama usahanya, tentu saja Gilang ditolak mentah-mentah. Jangankan nembak, baru manggil aja udah keringat dingin duluan.
           "Sania!!" panggil Gilang saat cewek killer itu keluar dari kelasnya.
Dan benar saja, tatapan matanya seperti ingin menelan Gilang dengan sekali lahap. Tanpa menghentikan langkahnya, Sania menatap tajam Gilang yang kini tertegun kaku. Setelah Sania berlalu dari hadapannya, Gilang baru dapat bernapas kembali.
Dan, "buuk!" Heri menggebuk bahu Gilang.
          "Napa lo,bengong aje?"
          "Gila kali tuh cewek ya? Berasa mau ditelen gue. Padahal baru manggil doang."
          "Siapa? Sania? Hahaha... Baru tau sekarang kan lo, betapa sadisnya dia. Gue udah dari dulu pengen ngajak pulang, sampe sekarang baru bisa bilang 'apa kabar?'. Basi banget gak sih tuh." sahut Lintang yang tau-tau muncul diantara mereka.
          "Ohh! Jadi selama ini dia yang lo incer?" jawab Heri.
          "Jangan, bro! Ntar kalo lo pulang gak utuh lagi gimana?" kata Gilang sambil memegang pundak Heri.
          "Sialan lo, Ri!" sahut Lintang kesal. "Udah ahh, gue mau ke kantin. Laper. Ikut gak lo,Lang? Siapa tau ketemu kan di kantin?"
          "Nggak ahh. Udah gak napsu lagi gue hari ini. Gue di kelas yee." jawab Gilang sambil kembali masuk kelas.
          Sambil memutar-mutar bolpointnya Gilang berpikir, kenapa cewek itu sangat antipati pada sekelilingnya? Temennya nongkrongnya juga katanya itu-itu aja. Senyum juga jarang. Paling kalo ada temennya doang dia bisa ketawa. Padahal kalo dia ketawa cakep loh.
Tinggi badan lumayan lah, paling 154an. Rambut panjang lurus, rapi pula. Muka gak jerawatan. Kalo 0-10, dia 7 juga dapet kok. Trus kenapa yah itu anak?
"Eh! Kok gue tau dia sampe sedetail itu yah?" batin Gilang. Wah udah ngaco ini! Pikir Gilang sambil mengacak-acak rambutnya.
          Sekarang gimana caranya biar bisa nembak dia secepatnya? Biar gue bisa nge'dare' Heri dan nge'truth' Lintang. Yang jelas gak bisa pake cara biasa ini. Orangnya aja luar biasa, kalo sekedar salam-salam aja pasti gak mempan! Gue harus mikirin gimana caranya.
Nomer hp! Iya, nomer hp! Gue harus punya nomer hpnya dulu. Tapi siapa yang punya kalo dia aja tertutup banget. Ita! bisa gak ya gue minta dari si Ita? Dia kan ketua kelas sebelah, masa iya dia gak ada nomer hpnya Sania.
          "Ada sih, Lang. Tapi gue ga tau nomernya boleh di-share apa nggak. Lo tau sendiri kan Sania kayak gimana." jawab Ita ketika Gilang menemuinya sepulang sekolah.
          "Please dong, Ta. Kapan coba gue minta tolong sama lo, sampe ngemis-ngemis gini pula."
          "Ya udah deh. Nanti gue sms-in ke lo deh nomernya. Tapi jangan bilang ke Sania yah kalo gue yang ngasih ke lo."
          "Iya! Beres! Rahasia dijamin! Makasih banget Ta!!" teriak Gilang sambil mengambil ancang-ancang memeluk Ita.
          "Eh! Ngapain lu!!" seru Ita yang juga mengambil ancang-ancang untuk menghindar.
          "Eiits, maap. Hampir aja kebablasan. Thanks yah Ta! Gue cabut duluan ya!" jawab Gilang sambil berlalu pergi.
Sesampainya di rumah, Gilang langsung melihat hp-nya. Dan belum ada sms dari Ita. Oh iya, dia pasti belum sampai di rumah. Terus kalau udah dapet nomernya, gue harus ngapin yah? Batin Gilang.
Cara yang luar biasa. Apa yah? Gue harus tanya kakak gue!
          "Kak, cewek paling gak suka diapain?" katanya dari puncak tangga karena melihat kakaknya sedang menyapu di lantai bawah.
          "Lo itu terlalu bodoh atau kelewat pinter sih? Pertanyaan apaan coba itu?" jawab kakaknya heran. "Orang tuh kalo nanya,'cewek sukanya apa?'. Lo malah nanya gak sukanya."
          "Gue itu kelewat pinter kak! Jawab aja sih, gak sukanya apa?"
          "Gak suka kalo diapa-apain ama cowok lah! Apalagi kalo cowoknya elu." jawab kakaknya cuek.
          "Ya ampun, kakak tuh terlalu bodoh atau kelewat pinter sih? Kalo yang itu mah anak bocah juga tau! Yang lain dong!"  sahut Gilang mulai kesal.
          "Iya... Iya. Gue serius nih ya. Cewek tuh gak seneng kalo difrontalin."
          "Nah gitu dong! Makasih kakakku yang cantik! Muah!!"
          "Ihh apa-apaan sih lo!" teriak kakaknya, tapi Gilang sudah kembali ke kamarnya.
          Setelah dia melihat hp-nya lagi, ternyata sudah ada sms dari Ita. Tanpa menunggu lama lagi, Gilang langsung mengirim pesan kepada Sania. Ibu jarinya hampir menekan tombol "Send", tapi jantungnya berdegup begitu keras. Gila kali! Pikirnya. Mau sms cewek aja kayak mau ngeledakin sekolah. Deg-degan abis!
Akhirnya, dengan mata terpejam Gilang pun menekan tombolnya. Padahal dengan mata terpejam ataupun tidak, tidak akan ada bedanya kan?
Dan handphonya berdering. Jantung Gilang serasa mau lepas saking takutnya. Ketika dibuka, ternyata itu delivery report yang bertuliskan "Message Sent to Sania".
          "Huuff. Gila banget. Hari ini udah berapa kali gw sport jantung, gara-gara cewek macam dia. Nggk, bukan karena Sania. Ini gara-gara Heri sama Lintang!" ujarnya kesal sambil berguling di kasurnya.
Tapi, setelah ini gue harus ngapain? Dibales gak yah sms gue? Kalo sampe gak dibales, gue harus tetep sms dia. Gimanapun, ini masalah gengsi!
          Tapi hingga semalaman suntuk Gilang menunggu balasan, rupanya gayung belum bersambut. Balasan yang ditunggu tidak juga datang. Setiap dering di hp-nya disambutnya dengan antusias, lalu diletakkan lagi hp-nya setelah melihat nama di layarnya bukan Sania.
           Hingga keesokan paginya Gilang berangkat ke sekolah, pikiran Gilang masih juga kalut.
          "Weeii!! Lesu amat bro?" sapa Heri sambil menggebuk bahu Gilang.
          "Sssttt! Diem deh! Gue ngantuk banget nih." balas Gilang malas-malasan.
          "Buset, abis begadang lo semalem? Ngapain hayo?? Streaming yang macem-macem yah?"
          "Palelu! Gue nungguin balesan sms dari cewek killer satu tuh."
          "Lo sms dia? Keren! Terus, dibales?"
          "Kagak lah!"
          "Emang lo sms apa?"
Malas-malasan, Gilang mengeluarkan hp dari saku celananya. Dan menunjukkan pesan singkatnya kepada Sania sore kemarin.
                       "Woi, kenapa lo serem amat sih jadi cewek?"
          "Lo tuh gila apa setres sih? Ya kali cewek lo sms kayak gitu."
          "Cewek luar biasa harus dideketin dengan cara yang luar biasa juga bro! Ah, cupu lo."
          "Iya iya. Terserah lo deh. Pokoknya  kalo lo sampe gagal, akan ada dare lainnya yang menanti. Hahaha..." kata Heri sambil pergi dari Gilang
Ah, ini yang gila siapa sih. Mimpi apa gue kena dare kayak gini. Mimpi apa gue bisa kalah main sama mereka. Mimpi apa bisa ada cewek killer macam Sania.
Sania? Gue belom pernah liat dia dideketin sama cowok, apalagi deket sama cowok. Segitu alerginya dia sama yang namanya cowok? Pasti dia punya trauma deh. Kalo enggak, rasanya ga mungkin cewek cantik pinter kayak dia gak punya pacar sampe sekarang.
Big question mark!
          Gilang sadar, dia tidak bisa hanya mengandalkan pesan singkat. Harus ada yang lebih konkrit lagi. Menurut kakak, cewek tidak senang difrontalin, kalau gitu gue harus frontal di depan dia. Dan yang terjadi berikutnya sesuai rencana Gilang. Tapi tetap saja jantungnya berdebar setiap kali melancarkan 'serangan-serangan' itu.
           Bukan tanpa sengaja Gilang pamit ke toilet saat jam pelajaran dimulai. Dia tahu bahwa jam ini  merupakan jam pelajaran olahraga untuk kelas Sania. Dan tepat sekali, ketika melintas di lapangan basket, dia melihat target incarannya sedang terengah-engah mengelilingi lapangan. Lapangan itu dibatasi pagar kawat tinggi, agar bola basket yang dimainkan anak-anak tidak nyasar ke ruang-ruang kelas. Gilang hanya melihat Sania dari luar pagar, menyaksikan rambutnya yang dikuncir kuda terayun mengikuti irama larinya. Dan tanpa pikir panjang lagi Gilang berteriak,
           "Woi cewek serem!"
Semua yang ada di lapangan tersebut terkejut dan mencari asal suara itu, tapi Gilang sudah pergi ke sudut yang tak terlihat lagi dan kembali ke kelas. Peluit panjang guru olahraga menghentikan usaha mereka yang sedang celingukan.
            Dan kesempatan berikutnya hadir saat istirahat pertama, Gilang menuju kantin dan melewati kelas Sania. Kelas itu sepi, hanya ada beberapa orang yang sedang membereskan meja, dan Sania yang sedang membaca buku. Tanpa ragu Gilang melongok melewati jendela kelas yang terbuka, setelah menarik napas dia berteriak,
            "Hai cewek serem!"
Seisi kelas pun kembali terkejut, ketika melihat Gilang di jendela mereka segera menemukan jawaban asal suara teriakan tadi pagi. Ketika Sania melihat ke arahnya, Gilang mengangkat alisnya dengan senyum mengembang sebagai sapaan. Sekarang teman sekelas Sania tahu, siapa 'cewek serem' yang dimaksud. Segera saja Gilang melanjutkan perjalanannya ke kantin.
            "Gila lo ya!" ujar Heri sambil meninju bahu Gilang
            "Wah ga waras lo, Lang." kata Lintang sambil menggeleng-gelengkan kepala.
            "Ssstt... Lo pada gak usah komen dulu. Liat aja ntar." jawab Gilang tenang.
Bukan kebetulan juga ketika pulang sekolah Gilang menemui Sania di depan gerbang sekolah. Dia memang selalu menunggu jemputannya disitu. Gilang langsung mengisyaratkan Heri dan Lintang untuk tidak mengganggunya. Di dekati Sania perlahan-lahan, ketika sampai di sisinya, Sania bingung. Gilang hanya menatap ke jalan raya dengan kedua tangannya di saku. Merasa risih, Sania menjauh dari sisi Gilang dan tidak mempedulikannya.
            "Belom dijemput yah? Emang ada yang mau jemput lo?" kata Gilang tiba-tiba tanpa memindahkan pandangan dari jalan raya. "Kan lo serem." lanjutnya sambil menatap Sania. Kali ini Sania bereaksi.
            "Bukan urusan lo." jawabnya judes dan meninggalkan Gilang. Jantung Gilang berdebar tidak karuan, memang dahsyat cewek ini, pikirnya.
             Berbagai aksi-aksi mengejutkan dilancarkan Gilang selama dua minggu penuh. Sania selama ini diam saja dan tidak mempedulikannya. Tetapi ketika di minggu ketiga semua menjadi tenang, tak urung Sania bingung juga. Dan selama satu minggu penuh, tidak dilihatnya Gilang sama sekali. Sania terkejut menyadari bahwa dirinya kini mencari Gilang. Suara menyebalkannya. Tubuhnya yang tinggi, yang selalu ikut menemaninya menunggu dijemput dengan kata-kata sarkastik. Tidak bosan-bosannya dia mengatakan 'cewek serem', meskipun oleh Sania hanya ditimpali dengusan, tidak jarang langsung ditinggalkannya begitu saja.
              Hari ini, hujan turun dengan lebatnya. Sania terpaksa menunggu di dalam sekolah. Sendiri, dirinya menatap butiran-butiran hujan yang turun di lapangan basket. Suaranya yang riuh meredamkan keramaian sekolah. Kini hanya terdengar suara hujan yang menyerang atap. Sania terkejut setelah merasakan benda panas yang menyentuh lengannya. Ketika menoleh, dia melihat Gilang yang tersenyum memegang bungkusan crepes yang masih berasap. Dengan isyarat, Gilang menyuruh Sania untuk memakan crepes yang dibawakannya. Sementara Gilang duduk di sebelahnya, ikut menatap hujan.
               Gilang merasakan perubahan yang diberikan Sania setelah hari itu. Kini dia tersenyum ketika Gilang menyapanya dengan panggilan cewek galak. Juga ketika Gilang mengirim pesan dengan isi yang serupa dengan waktu lalu, akhirnya Sania membalas,
                "Gue punya nama. Kalo lo ga tau, tanya."
Gilang senang setengah mati, tidak menyangka akan mendapat balasan. Ternyata usahanya tidak sia-sia. Mulailah mereka saling berkirim pesan. Merenda komunikasi yang tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya.
Sania tidak se'killer' kelihatannya ternyata, terkadang dia dapat melucu, lain waktu lagi dia dapat menjadi sangat lembut, sangat berbeda dari apa yang diperlihatkannya di luar. Sania memiliki sisi dewasa yang belum pernah dilihat Gilang di wanita lain kecuali ibunya. Sania pun menjadi tujuannya berbagi cerita setiap hari. Begitu pula Sania, kini tidak ragu-ragu lagi mengungkap sisi lain dirinya kepada Gilang. Semakin intens, komunikasi diantara mereka, semakin nyata kenyamanan yang dirasakan Gilang. Gilang tidak menyadari yang dia lakukan selama ini telah menumbuhkan perasaan yang nyata, bukan hanya permainan belaka.
Sampai pada hari ini, ketika dia dibangunkan dari mimpi oleh Heri dan Lintang. Mereka sedang berada di kantin pada jam istirahat itu.
"Gimana Sania?" tanya Heri. "Gue liat lo anteng aja tiap hari ama dia."
"Atau jangan-jangan lo udah beneran suka yah sama dia?" goda Lintang.
"Jangan gila lo pada. Bentar lagi, gw kenalin dia sebagai pacar gue. Siap-siap yah, gue bakalan ToD kalian!" jawab Gilang sambil tertawa. Tapi batin Gilang bergejolak, sepertinya kedekatannya dengan Sania sudah menjadi nyata, juga rasa yang perlahan pasti ini tumbuh. Ahh, masih waras gak sih gue? batin Gilang, sambil mengacak-acak rambutnya. Kayaknya gue beneran suka sama dia. Tapi apa kata anak-anak nanti, kalo gue beneran pacaran sama dia? Ahh, bodo amat lah. Gue harus nyatain perasaan gue yang sebenarnya ke Sania. Dan ketukan lembut di bahunya menyadarkannya.
"Sania!" jantung Gilang melengos. Iya, yang berdiri di belakangnya adalah Sania. Ditatap sedemikian rupa oleh Sania membuat Gilang semakin gugup. "Ha..Hai San. La... Lagi ngapain?" Gilang menggagap. Terlihat olehnya napas Sania memburu menahan emosi. Sania tidak berkata apa-apa, dan meninggalkan Gilang.
"Mati. Dia denger yang tadi gue bilang?" kata Gilang dengan pandangan kosong.
"Kayaknya sih iya. Kalo enggak, dia gak mungkin kayak gitu kan." jawab Lintang yang ikut merasa bersalah.
Gilang tidak berhasil mengejar Sania, meskipun saat kesadaran menyentuhnya dia langsung berlari mengejar. Sania tidak dapat ditemukan di kelas, maupun sepulang sekolah. Informasi yang dia dapat dari Ita, tadi Sania ijin pulang ke guru dengan alasan tidak enak badan. Dengan berbekal keterangan seadanya, Gilang mencari rumah Ita. Penyesalan silih berganti menghampiri Gilang. Tetapi, apa yang sebenarnya disesali? Keputusan dia untuk menerima tantangan kawan-kawannya? Atau perasaan yang terlanjur bersemi kepada Sania? Ataukah hanya kebodohannya yang menyakiti Sania?
Tidak sulit menemukan rumah Sania, karena ternyata Sania sedang duduk melamun di teras rumahnya. Gilang menghentikan motornya dan menghampiri pagar rumah Sania.
"Sania!!" teriaknya dari seberang halaman. Sania yang sadar siapa yang berdiri di seberang halamannya kini, langsung menghambur masuk ke rumah. Ditutup pintu rumahnya. Ketika sampai matahari hampir tenggelam, Gilang masih menunggu di depan pagar rumahnya Sania sadar. Dia harus menghadapinya.
Sania keluar membuka pintu pagarnya, tetapi tidak mengijinkan Gilang masuk. Sania hanya melipat tangan melihat Gilang yang kini gelagapan.
"Sania, gue minta maaf." kata Gilang gugup. Sania hanya menjawab dengan dengusan, dan senyum yang tidak berhasil mengembang di wajahnya. "Gue salah banget. Gue tau. Itu semua emang bener San, yang lo denger tadi pagi. Gue ngaku, itu bener. Gue gak mau bohong sama lo lagi." tangan Gilang terulur untuk memegang pundak Sania, yang kini bergetar menahan tangis. Sania memalingkan wajahnya, menyembunyikan kristal bening yang mengalir di pipinya. Melihat airmata Sania, hati Gilang seperti teriris.
"Tapi perasaan gue sama lo serius, San." kata Gilang dalam satu hembusan napas. Dilihatnya bahu Sania semakin bergetar. "Sania, liat gue. Gue serius."
Sania memalingkan wajahnya dan menggeleng mantap.
"Sorry, tapi udah cukup lo bikin gw sakit hati." Sania menyingkirkan tangan Gilang dari lengannya, dan meninggalkan Gilang.
"San biar gue jelasin dulu!" teriak Gilang menghentikan langkah Sania di depan pintu. "Dulu gue ditantang Heri dan Lintang, untuk pacarin lo. Karena lo itu terkenal killer." kata Gilang terengah-engah menahan gejolak emosinya sendiri. Sania tetap mematung membiarkan Gilang bicara, dia sendiri bingung mengapa masih ingin mendengarkan penjelasan laki-laki yang secara terang-terangan menyakitinya ini.
"Awalnya usaha gue untuk deketin lo emang cuma karena tantangan itu. Tapi setelah gue mengenal lo, San, gue sadar. Lo terlalu indah untuk cuma dijadikan taruhan. Lo itu anugerah dari Tuhan yang gue temuin. Lo bikin gue sadar, selama ini hidup gue ngebosenin. Tapi setelah gue ketemu lo, hidup gue jadi lebih bahagia, San. Sania, gue sayang sama lo."
Sania berbalik, air mata terlihat semakin jelas mengalir.
"Gilang, lo perlu tau, cewek serem ini punya hati." kata Sania nanar.
"Sania, aku minta maaf." suara Gilang berubah lunak, dihampirinya Sania. "Yang aku lakuin emang keterlaluan banget. Tapi setelah aku deket sama kamu, semua yang aku lakuin tulus buat kamu. Bukan buat taruhan itu lagi. Aku gak pernah mikirin taruhan itu lagi, yang aku pikirin cuma gimana bisa deket dan bahagiain kamu. Aku bahkan gak inget sama taruhan itu lagi, sampe tadi Heri ngomong ke aku di kantin. Aku sayang sama kamu."
"Maaf, Lang. Hati gue masih terlalu sakit." ditinggalkannya Gilang mematung, dan Sania menutup pintu di belakangnya.
Jadi yang gue lakuin selama ini sia-sia karena kebodohan gue. Sekarang gue ga bisa milikin orang yang gue sayang, karena kebodohan gue, batin Gilang mengembara. Sebelum Gilang menyalakan motornya, ponselnya berdering, ada pesan masuk.
"Maaf Gilang. Sebenarnya aku juga nyaman sama kamu. Tapi luka yang kamu berikan sangat menyakitkan. Aku harap kita bisa berteman dulu, setidaknya sampai kamu mengerti, bukan kamu saja yang punya hati."
Gilang menyadari kesalahannya, tapi dia tidak ingin memaksa lagi. Dia sadar, semua memang sudah salah dari awal. Tapi bukan tidak mungkin untuk diperbaiki lagi. Sesampainya di rumah Gilang membalas pesan Sania.
"Ayo kita mulai dari awal."
Sepi. Tidak dijawab. Gilang kembali mengirimkan pesan.
"Hai cantik, kenapa kamu cantik banget jadi cewek?"
Gilang menutup ponselnya, membaringkan diri di tempat tidurnya, dan memejamkan matanya. Menikmati luka yang dia torehkan sendiri, untuk mereka berdua. Di seberang sana, Sania tersenyum membaca pesan Gilang. Dia sadar Gilang amat berarti untuknya. Gilang mencerahkan hari-harinya. Tetapi dia butuh waktu, setidaknya sampai luka ini mengering, meskipun akan meninggalkan bekas. Sania tidak akan membunuh perasaannya kepada Gilang, namun dia hanya ingin semua berjalan seperti biasa dahulu. Hingga akhirnya dia bisa menerima Gilang menjadi miliknya.

2 komentar: